Senin, 27 Oktober 2014

Siapa itu Sherlock HOlmes?

,

      Siapa yang tidak tahu dengan tokoh detektif fiktif yang terkenal karena kecerdasan, Sherlock Holmes. Mungkin diantara anda bahkan ada yang menjadi penggemar setianya. Berawal dari novelah Sherlock Holmes mulai dikenal masyarakat dunia. 



Novel pertama Sherlock Holmes muncul pada tahun 1905 yang merupakan buah pemik
iran dari pengarang terkenal Sir Arthur Conan Doyle. Hingga saat ini sudah ratusan bahkan belasan ribu judul yang telah dibuat.
     Semakin hari, makin banyak saja penggemar dari detektif hebat ini yang tentunya tersebar diseluruh dunia khususnya di Indonesia. Melihat peluang ini, salah seorang tangan dingin yang bergerak diindustri perfilman Guy Ritchie mempunyai ide untuk menjadikan salah satu judul novel Sherlock Holmes menjadi sebuah film. Akhir nya pada tahun 2009 munculah film Sherlock Holmes rilis dipasaran. Aktor terkenal Robert Downey Jr adalah orang yang beruntung dan pastinya tepat untuk memerankan tokoh Sherlock Holmes.
      Tidak hanya disitu saja, melihat antusias penontonnya yang sangat tinggi Guy Ritchie kembali membuat kelanjutan filmnya. Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 2011, film Sherlock Holmes yang menjadi sekuel keduanya kembali dirilis. Kali ini, judul yang diangkat adalah Sherlock Holmes: A Game of Shadow yang kembali menceritakan tentang petualangan Holmes (Robert Downey Jr) dalam memecahkan sebuah kasus yang rumit.          
 Cerita di film ini masih melanjutkan akhir dari film pertama yang belum selesai, dimana        Irene Adler (Rachel mc Adams) sang kriminal cantik yang dicintai oleh Sherlock Holmes, ternyata terlibat sebuah rencana kejahatan besar yang disusun oleh profesor Moriarty (Jared Haris)
Profesor Moriarty adalah seorang profesor yang sangat jenius, cerdas dan terkenal sadis terhadap musuhnya. Dia tidak segan-segan membunuh untuk mencapai tujuannya. yang mengagumkan adalah moriarty menjalani hari-harinya secara normal, sebagai profesor dan pengajar di universitas, dia juga menulis buku-buku ilmiah. Jadi bisa dibilang kehidupannya seperti dua sisi mata koin yang berlawanan. Disisi lain ia menjadi seorang profesor yang baik, namun disisi lain ia bisa menjadi kebalikannya, yaitu bisa menjadi lebih jahat dibandingkan orang pada umumnya. Karena ia bukan saja menggunakan tenaganya untuk menjatuhkan lawannya, ia juga menggunakan otaknya yang  jenius untuk menjatuhkan lawannya.
Dalam film ini Holmes kembali bekerja sama dengan asistennya yang baru saja menikah yaitu Dr. Watson (Jude Law). Awalnya Watson tidak mau lagi berurusan dengan kasus kasus yang berhubungan dengan  Sherlock karena tidak disetujui oleh istrinya, tapi keadaan memaksa mereka berdua terpaksa berkeliling Eropa demi mencegah rencana Moriarty untuk memulai perang dunia, dari mulai Prancis, Jerman, sampai Swiss.
Film ini cukup mewakili cerita dalam bukunya, kecuali beberapa detail kecil, seperti kegemaran Holmes pada kokain dan morfin yang tidak terlalu diekspos. Juga detail tentang kemampuan Mycroft Holmes, sang kakak Sherlock. Di film Mycroft hanya digambarkan sebagai sosok seorang kakak yang tak kalah eksentrik dari Sherlock, padahal sebenarnya bukan hanya itu. Mycroft adalah anggota dinas intelejen rahasia Inggris, menurut Sherlock, kecerdasaran Mycroft sebenarnya jauh berada diatasnya, tapi karena badannya yang besar, dia jadi lebih senang bekerja di balik meja daripada di lapangan, diapun lebih senang hidup santai tanpa ambisi apapun.
       Diakhir cerita, akhirnya terjadi pertemuan antara Holmes dan Profesor Moriarty disuatu acara. Obrolanpun dimulai sambil keduanya bermain catur, Holmes pun membeberkan semua trik yang digunakan Profesor Moriarty, tanpa terkecuali. Holmes juga sudah memegang sebuah buku milik Profesor Moriarty, dimana didalam buku tersebut tercatat banyak clue, dimana clue tersebut dapat digunakan oleh Profesor Moriarty untuk menyimpan semua kekayaannya. Karena kecerdasan Holmes, buku itupun ada ditangannya, tanpa Profesor Moriarty sadari.
Saat itu, Profesor Moriarty terang-terang mengakui kecerdasan Holmes. Setelah percakapan mereka, akhirnya terjadi perkelahian fisik antara Profesor Moriarty dan Holmes. Akhir dari perkelahian itu adalah keduanya terlempar dari balkon gedung dan terjun kedalam jurang yang sangat dalam.
Setelah mengetahui kejadian yang menimpa sahabatnya, Dr. Watson jelas-jelas sangat sedih. Pada saat proses pemakaman Holmes, Dr. Watson-lah yang paling terpukul. Setelah itu, di ruang kerjanya Dr. Watson menulis sebuah tulisan mengenai sahabatnya Holmes. Ketika ia sedang menulis, sang istri datang dan memberi sebuah bingkisan dari seseorang yang tidak dikenal, dan seteleh melihat isi dari bingkisan itu ia pun langsung terkejut. Karena barang yang ada didalam bingkisan tersebut adalah barang yang pernah dipegang Holmes. Ia pun langsung bergegas pergi keluar untuk mencari siapa pengirim barang tersbut.

0 komentar to “Siapa itu Sherlock HOlmes?”

Posting Komentar